LOGO HIMA
TERBARU

30 Sep 2019

MAHASISWA PSKM FAKULTAS KEDOKTERAN ULM AJAK MASYARAKAT BUAT TEMPAT SAMPAH DAN BENTUK PETUGAS KEBERSIHAN SEBAGAI UPAYA PENANGGULANGAN SAMPAH DI DESA PAKU ALAM




Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadvokasi masyarakat buat tempat sampah dan bentuk petugas kebersihan sebagai upaya penaggulangan sampah di desa Paku Alam, kecamatan Sungai Tabuk, kabupaten Banjar.

Kegiatan ini diadakan di balai desa Paku Alam, masyarakat dalam kegiatan ini sangat berperan aktif dalam pembuatan tempat sampah dan pembentukkan petugas kebersihan.

Tak hanya pembuatan tempat sampah dan pembentukkan petugas kebersihan, saat kegiatan mahasiswa juga meadvokasi masyarakat untuk mengikuti kegiatan senam pagi dan gotong royong, kegiatan ini kelakukan agar bias menarik minat masyarakat agar dapat terlibat langsung dalam proses pembuatan tempat sampah dan pembentukkan petugas kebersihan.  

Karena kurangnya fasilitas untuk pembuangan sampah di desa Paku Alam, maka tempat sampah yang dibuatkan diletakan disetiap jalan desa Paku Alam yang tersebar di RT 01, 02, dan 03.

Mengingat desa Paku Alam ini terkenal dengan sejarahnya yakni markas pejuang kemerdekaan Kalimantan Selatan, maka sudah seharusnya merawat dan menjaga agar dapat menjadi objek pariwisata yang menghasilkan keuntungan bagi masyarakat desanya.

Kemudian dalam proses pembentukan petugas kebersihan mahasiswa mengajak aparat desa Paku Alam untuk berdiskusi dan menentukan petugas pengangkut sampah desa Paku Alam dengan menandatangani suatu kesepakatan.

Dalam kegiatan PBL di Desa Paku Alam ini terdapat 7 mahasiswa yang di ketuai oleh Gilmani dan 6 anggota lainnya yaitu aniqa, angelicha, elmia, nasaiyah, rena, dan risa serta satu pembimbing dari dosen yaitu ibu Ratna Setyaningrum, SKM, MPH.

Dengan pembuatan tempat sampah dan pembentukkan petugas kebersihan ini, diharapkan dapat menjadikan desa Paku Alam bersih dan nyaman serta bebas dari sampah.

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |