LOGO HIMA
TERBARU

29 Sep 2019

TPS SEHAT SEBAGAI ALTERNATIF WARGA MEMILAH SAMPAH


Sungai Tabuk Kota - Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat mengajak warga untuk membangun tempat pembuangan sampah (TPS) sehat yang dipisah menjadi organik dan anorganik. Kegiatan ini berlangsung di RT 2 Desa Sungai Tabuk Kota, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar dalam rangka program Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.
Pembangunan TPS sehat ini dilaksanakan setelah dilakukan analisis masalah kesehatan oleh mahasiswa dan didapatkan hasil bahwa 90% masyarakat desa belum memilah sampah organik dan anorganik dengan benar. Selama kurang lebih 20 hari, Andy, Rahmida, Rizkya, Dinda, Monika, Anisa, Rifka, dan Rizky yang tergabung dalam kelompok 13 PBL melakukan advokasi kepada aparat desa setempat untuk membangun TPS sehat tersebut.
Pembangunan TPS sehat ini melibatkan setidaknya 30 warga yang terdiri dari bapak-bapak yang bertempat tinggal di RT 2. Alat dan bahan bangunan seperti cangkul, batako, dan ember pun berasal dari warga setempat sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dan memanfaatkan potensi yang ada di desa sehingga warga mempunyai rasa kepemilikan terhadap TPS tersebut.
 “Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa Kesehatan Masyarakat ini, semoga kedepannya warga RT 2 bisa menjaga TPS yang sudah dibangun dan tidak membuang sampah ke sungai” ucap Pak Mulyadi, Ketua RT 2.
Sebelum kegiatan pembangunan TPS, Andy dan kawan-kawan juga melaksanakan edukasi mengenai pengelolaan sampah organik dan anorganik yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Banjar. Kegiatan ini dihadiri oleh ibu-ibu yang merupakan warga RT 2 dengan tujuan apabila TPS sehat sudah terbangun, ibu-ibu bisa memilah sampah organik dan anorganik tersebut dengan benar.
Kegiatan ini mendapat antuasiasme dari warga. Andy dan kawan-kawan berharap agar fasilitas TPS yang sudah dibangun dapat digunakan sebagaimana mestinya sehingga kedepannya dapat memperbaiki kualitas kesehatan lingkungan masyarakat Desa Sungai Tabuk Kota.

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |