LOGO HIMA
TERBARU

5 Sep 2019

Kurangi Perilaku BABS (Buang Air Besar Sembarangan) di Desa Sungai Bakung, Mahasiswa PSKM (Program Studi Kesehatan Masyarakat) FK ULM (Universitas Lambung Mangkurat) Turun Langsung ke Desa.




KELOMPOK 16 PBL II DESA SUNGAI BAKUNG, KECAMATAN SUNGAI TABUK, KABUPATEN BANJAR


Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa kesehatan masyarakat yang diharapkan mampu melaksanakan stategi promosi kesehatan yang dikenal dengan ABG (Advokasi, Bina Suasana, dan Gerakan Pemberdayaan Masyarakat).

Pada PBL II yang berlangsung dari tanggal 10 Juni 2019 – 30 Juni 2019 sebanyak enam mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM melaksanakan kegiatan intervensi di Desa Sungai Bakung, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Mahasiswa tersebut melakukan intervensi berupa tindak lanjut dari permasalahan yang didapatkan dari hasil diagnosa komunitas yang sebelumnya sudah dilakukan pada PBL I (4 Februari 2019 – 28 Februari 2019).  Hasil dari kegiatan PBL I yaitu masih banyaknya masyarakat yang melakukan buang air besar sembarangan di sungai, hal tersebut menjadi masalah mengingat masyarakat sendiri masih menggunakan air sungai tersebut untuk kebutuhan rumah tangga.


Intervensi yang dilakukan oleh mahasiswa PBL yaitu melakukan penyuluhan tentang Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) kepada masyarakat Desa Sungai Bakung. “Tujuan diadakannya penyuluhan ini guna menambah pengetahuan masyarakat Desa Sungai Bakung agar tidak lagi buang air besar sembarangan, khususnya di sungai” ujar Andin selaku ketua kelompok PBL.

Selain kegiatan penyuluhan, mahasiswa juga membangun satu bangunan WC Sehat di salah satu rumah warga agar masyarakat sekitar mengetahui bagaimana bangunan WC yang sehat dan mereka mampu mencontoh bangunan WC sehat tersebut. “Diharapkan dengan adanya percontohan bangunan WC sehat ini, dalam waktu dekat masyarakat juga ikut membangun WC sehat seperti ini juga dan dapat menciptakan sanitasi lingkungan yang baik dan sehat” kata pembakal Desa Sungai Bakung, M. Padheli.

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |