LOGO HIMA
TERBARU

21 Sep 2019

Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat FK ULM Mengajak Masyarakat untuk Merupiahkan Sampah


Tumpukan sampah di Desa Tajau Landung kian hari kian menumpuk. Dari hasil wawancara didapatkan 67% kepala keluarga membuang sampah ke sungai. Sampah-sampah yang menumpuk di sungai menjadi masalah utama karena menimbulkan bau yang tidak sedap dan beberapa penyakit seperti diare, disentri, tifus, hepatitis dan penyakit lainnya. Beberapa upaya pun telah dilakukan warga desa dalam menanggulangi masalah sampah, namun tumpukkan sampah terus saja meningkat.
“Sebenarnya dulu warga kami melakukan kegiatan membuat

kerajinan dari sampah anorganik. Tapi, itu hanya bertahan beberapa minggu saja dikarenakan kesibukan dan tidak adanya pelatih dalam pembuatan kerajinan itu sendiri”, ujar salah satu ibu di RT 3.
Berangkat dari persoalan tersebut, mahasiswa angkatan 2017 Program Studi Kesehatan Masyarakat FK UNLAM di kelompok 11 pada kegiatan PBL berinisiatif membuat intervensi “Bank Sampah”. Intervensi tersebut dibuka dengan sosialisasi mengenai bank sampah oleh Sutjipto Rais selaku orang yang ahli dalam bank sampah dan DLH Kabupaten Banjar yang datang dalam peresmian bank sampah.
Keperluan bank sampah seperti timbangan dan buku tabungan di berikan oleh DLH, adapun penjualan sampahnya bank sampah Desa Tajau Landung bekerjasama dengan Desa Gudang Hirang yang sudah lebih dulu memiliki bank sampah.
Meski nanti para mahasiswa PBL sudah tidak berada di sana, untuk intervensi tersebut diharapkan dapat terus berlanjut karena memiliki berbagai manfaat. Salah satunya, menjadikan lingkungan lebih bersih dan menguntungkan warga dari segi ekonomi.
“Kami berharap bila kegiatan PBL ini telah selesai para warga Desa Tajau Landung Kecamatan Sungai Tabuk, tetap semangat untuk mengelola sampah anorganik dengan mengumpulkan sampah anorganik di bank sampah”, tutur Abdullah selaku KAUR desa.

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |