LOGO HIMA
TERBARU

21 Sep 2019

Kurangi BABS, mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat bangun jamban sehat di Sungai Tandipah


Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM), Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat angkatan 2017 telah melakukan PBL (Pengalaman Belajar Lapangan) di Desa Sungai Tandipah. Sebagian besar wilayah Kecamatan Sungai Tabuk berupa daerah pesisir sungai. Salah satunya desa Sungai Tandipah hampir seluruhnya adalah daerah pesisir sungai.  Hal ini membuat warga cukup kesulitan membuat jamban sehat karena tak bisa membangun septictank di daerah pesisir sungai. Tak heran jika masih banyak masyarakat yang membangun jamban di sungai. Karena lebih mudah dibuat serta hemat biaya.
Tak ada septictank layaknya jamban sehat pada umumnya. Semua kotoran langsung dibuang ke sungai. Sekitar 86% penduduk desa Sungai Tandipah masih Buang Air Besar Sembarangan. Kebiasaan penduduk menimbulkan pencemaran dan berdampak terhadap kesehatan.
"Dari kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL),  kami telah menyurvei 100 kepala keluarga di desa tersebut, dan menemukan kasus diare yang sangat tinggi dikarenakan kurangnya jamban sehat di setiap rumah. Penduduk disana masih menggunakan jamban yang kurang sehat, yaitu tidak adanya tempat penampungan tinja" ujar Hafizul selaku ketua kelompok
Dalam upaya membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat maka dibentuknya program pembangunan jamban sehat dari hasil musyawarah bersama para pemuka desa dan sejumlah tokoh masyarakat di desa. Kegiatan tersebut dikemas dengan tema "pembangunan jamban sehat yang untuk mengurangi kasus Buang Air Besar Sembarangan" di desa tersebut.
Pembangunan jamban sehat dilakukan di tempat yang strategis, karena berdekatan dengan Sekolah Dasar serta di permukiman warga. Proses pengerjaan jamban sehat berlangsung selama tiga hari yang dilakukan oleh warga setempat, Jumat (6/9/2019) Terlaksananya program pembangunan jamban sehat tidak terlepas dari bentuk dukungan Kepala Puskesmas Sungai Tabuk III.
Dengan adanya program jamban sehat  yang dilakukan bertujuan mengenalkan kepada masyarakat bahwa perilaku hidup bersih dan sehat juga bisa dilakukan oleh warga yang tinggal di daerah pesisir sungai. Dan diharapkan masyarakat bisa mencontoh pembangunan jamban sehat dan bisa membangun secara mandiri.

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |