LOGO HIMA
TERBARU

21 Sep 2019

Mahasiswa ULM Bantu Atasi Sampah di Desa Pejambuan


M
ahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (PSKM FK ULM) melaksanakan kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) atau yang biasa dikenal dengan istilah Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan PBL tersebut dilaksanakan di Desa Pejambuan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. PBL atau KKN yang dilaksanakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan tersebut diapresiasi dan mendapat sambutan yang positif dari masyarakat setempat.
Kegiatan PBL dalam Kurikulum PSKM FK ULM dilaksanakan dalam 3 tahapan kegiatan yaitu PBL I, PBL II, dan PBL III dan kegiatan PBL merupakan salah satu mata kuliah dalam Kurikulum Nasional Kesehatan Masyarakat Indonesia. Pemilihan lokasi PBL ditetapkan berdasarkan analisis situasi dan mensinergiskan dengan visi dan misi dari PSKM FK ULM, ungkap Fauzie Rahman selaku Pembimbing dan Ketua PSKM FK ULM. Pelaksanaan PBL dalam setiap tahapan memiliki bentuk kegiatan yang berbeda. Seperti yang disampaikan oleh Ketua Kelompok 10 PBL, Thoriq Abi Pramana, “Pada kegiatan PBL I dilakukan diagnosa komunitas atau pengumpulan, pengolahan, dan analisis data untuk mengetahui permasalahan yang ada di Desa Pejambuan, kemudian dirumuskan bersama dengan warga terkait permasalahan utama, sehingga permasalahan pengelolaan sampah menjadi permasalahan utama yang akan di atasi pada kegiatan PBL II, serta bentuk-bentuk kegiatan atau program yang akan dilaksanakan pada PBL II dimusyawarahkan bersama agar program tersebut dapat bermanfaat”.
Pada kegiatan PBL II dilaksanakan beberapa kegiatan seperti pembuatan tempat penampungan sampah sementara (TPS) di Desa Pejambuan, pelatihan pembuatan kompos, penyuluhan pengelolaan sampah, dan beberapa kegiatan yang dikoordinasikan dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, imbuhnya.
Kegiatan PBL ini mendapatkan dukungan dari pihak-pihak terkait. “Alhamdulillah, selama kegiatan mulai dari PBL I dan PBL II mendapat dukungan baik dari Kecamatan Sungai Tabuk, UPT Puskesmas Sungai Tabuk I, aparat Desa Pejambuan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, serta warga Desa Pejambuan”.
Thoriq menambahkan, “Kami berharap kedepannya ada pihak-pihak yang turut memberikan dukungan dan bantuan, karena kami juga sedang mencoba berkoordinasi dengan DLH Kabupaten Banjar untuk menyediakan gerobak angkut untuk masyarakat desa yang jauh dari TPS yang kami bangun, dan juga kami berharap bahwa muncul kesadaran masyarakat untuk mengelola sampah dengan baik dan bijak”.
Rencananya kegiatan ini akan berlanjut dengan monitoring bulanan dalam jangka 3 bulan hingga bulan November dan nanti akan dilanjutkan di PBL III dengan agenda monitoring dan evaluasi. Kelompok 10 ini beranggotakan Thoriq Abi Pramana, Zuhrufa Wanna Yolanda, Devi Chintya Agustine Putri, Nooraisha Zulfa, Gusti Fitrah Astia Soekma Iman, Novalia, dan Talitha Salsabila Wihandoko.

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |