LOGO HIMA
TERBARU

21 Sep 2019

Kurangi Perilaku Membuang Sampah ke Sungai Mahasiswa PBL KESMAS FK ULM Turun Langsung ke Lapangan


Kelompok 2 PBL Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM yang berlokasi di Desa Sungai Bangkal, Kecamatan Sungai Tabuk. Melakukan intervensi pembentukkan kader Generasi Peduli Sampah (GPS) dan penyediaan tempat sampah dasawisma berdasrkan diagnosa komunitas yang dilakukan sebelumnya.



Pengalaman Belajar Lapangan (PBL II) yang berlangsung dari tanggal 10 Juni 2019 – 30 Juni 2019 di Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Kelompok 2 yang diketuai oleh Abdurrahman Fauzi dengan anggota kelompok yang terdiri dari Riska Wahyunita, Nor Hafizah, Cristina Erlinda Juanita Sianipar, Melda Sari, Mena Erliana dan Rezka melaksanakan intervensi di Desa Sungai Bangkal, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar.

Mahasiswa PBL Kelompok 2 melakukan intervensi berupa tindak lanjut dari permasalah yang didapatkan dari hasil diagnosa komunitas yang sebelumnya sudah dilakukan mahasiswa pada PBL I (4 Februari – 28 Februari 2019). Berdasarkan kegiatan PBL I, hasil kegiatan menunjukkan bahwa kebiasaan membuang sampah ke sungai masih banyak dilakukan masyarakat. Menurut hasil penelitian, kebiasaan ini terjadi karena minimnya sarana kebersihan dan sulit dijangkau oleh masyarakat. Apabila hal ini terus terjadi maka sungai akan tercemar sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan dan merusak estetika lingkungan.

Untuk menangani masalah ini kami melakukan intervensi berupa pembentukkan kader  Generasi Peduli Sampah (GPS) dan penyediaan tempat sampah dasawisma. Hal pertama yang dilakukan adalah penyuluhan kesehatan terkait pengelolaan sampah yang dihadiri beberapa Ibu- Ibu di Desa Sungai Bangkal. Kemudian pembentukan kader sebagai penggerak dalam pelaksanaan program, kader akan memberi informasi mengenai bahaya membuang sampah ke sungai serta pengelolaan sampah saat di Posbindu dengan menggunakan media leaflet dan membagikan poster di beberapa tempat umum. Kegiatan selanjutnya yang dilakukan Mahasiswa PBL menyediakan tempat pembuangan sementara dalam bentuk drum yang berbasis kesehatan lingkungan.

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |