LOGO HIMA
TERBARU

8 Sep 2019

MAHASISWA PSKM FK ULM CEGAH PERMASALAHAN GIZI BALITA DENGAN GARDO GIZI




Mahasiswa yang tergabung pada kelompok 14 PBL (Pengalaman Belajar Lapangan) Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM ini terdiri dari Rusadi, Sri Ikhza Muliyani, Fitri Febrianti, Norajizah Safitri, Aulia Shafarina dan Siti Ummi Kalsum melakukan kegiatan intervensi kesehatan kepada masyarakat desa Lok Baintan Dalam Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar yang berkerjasama dengan Puskesmas Sungai Tabuk 2.
Kegiatan intervensi yang dilaksanakan adalah GARDO GIZI (Gerakan Dorongan Gizi), yang meliputi beberapa kegiatan yaitu penyuluhan terkait masalah gizi pada balita seperti marasmus dan kwashiorkor, selain itu juga disampaikan beberapa upaya pencegahannya. Kegiatan lain yang juga dilaksanakan adalah kegiatan demo memasak yang mengunakan bahan-bahan lokal yang didemokan oleh ahli gizi dari Puskesmas Sungai Tabuk 2.

Untuk keberlanjutan program, mahasiswa PSKM FK ULM juga melakukan upaya pengkaderan untuk kegiatan tersebut yang diharapkan impact dari kegiatan tersebut ialah ibu-ibu dapat membuat beragam makanan tambahan (PMT) dengan bahan lokal yang ada di Desa Lok Baintan Dalam. Kegiatan terakhir yang dilaksanakan adalah optimalisasi posyandu yaitu dengan melengkapi beberapa fasilititas posyandu seperti penyediaan alat kesehatan yaitu microtoise, timbangan injak selain itu dilengkapi dengan fasilitas 5 meja.
Menurut Faturrahman selaku Plt. Pambakal Desa Lok Baintan Dalam “kegiatan penyuluhan dan demo memasak dari mahasiswa PSKM FK ULM sangat bagus dan bermanfaat bagi masyarakat terutama bagi para ibu balita. Kegiatan ini juga dapat menambah pengetahuan ibu-ibu di desa Lok Baintan Dalam terkait gizi kurang serta dapat mencegah terjadinya kejadian gizi kurang didesa.”
Selain itu juga terdapat harapan besar dari mahasiswa PBL kelompok 14 tersebut “Kami berharap dengan adanya program intervensi GARDO GIZI ini desa Desa Lok Baintan Dalam terhindar dari permasalahan gizi balita dan Ibu-ibu dapat memantau tumbuh kembang balita setiap bulan ke Posyandu” Ujar Rusadi selaku ketua kelompok.

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |