LOGO HIMA
TERBARU

21 Sep 2019

Peduli Lingkungan, Mahasiswa PSKM FK ULM Lakukan Program Ini untuk Atasi Masalah Sampah

  
Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM yang mengabdi di Desa Keliling Benteng Ilir, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar melakukan beberapa kegiatan intervensi sebagai tindak lanjut dari hasil diagnosa komunitas yang sebelumnya sudah dilakukan oleh mahasiswa PSKM FK ULM untuk mengatasi permasalahan sampah di Desa Keliling Benteng Ilir. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa PBL Kelompok 12, antara lain penyuluhan, pemilahan sampah, dan penyediaan fasilitas pengelolaan sampah organik.

Melalui program pemilahan sampah di tingkat rumah tangga ini, masyarakat memiliki kemampuan dalam mengelola sampah secara mandiri. Selain itu, program ini mampu mengubah perilaku masyarakat dalam mengelola sampah agar lebih ramah lingkungan. Program ini diharapkan dapat mencegah berkembang biaknya vektor penyakit, seperti lalat dan nyamuk mengingat sebagian besar wilayah Desa Keliling Benteng Ilir yang dikelilingi oleh sungai.

Selain itu, mahasiswa PBL kelompok 12 juga menyediakan fasilitas berupa tempat sampah dan pupuk cair em4. Tempat sampah dan pupuk cair em4 yang disediakan masing-masing sebanyak 8 buah dan kemudian akan disebar di beberapa titik di tiga RT. "Alhamdulillah, adanya program ini dapat menyediakan tempat sampah dalam mendorong masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan." tutur seorang warga Desa Keliling Benteng Ilir. Selama ini, tindakan yang dilakukan oleh masyarakat yaitu membuang sampah ke sungai dan membakar sampah di halaman rumah yang tentunya kegiatan tersebut dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.

“Kami berharap dengan adanya program intervensi pengelolaan sampah organik ini dapat membantu untuk mengatasi permasalahan sampah di lingkungan Desa Keliling Benteng Ilir.” tutur Muhammad Faizal selaku ketua kelompok 12 PBL.

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |