LOGO HIMA
TERBARU

29 Sep 2019

Pembentukan dan Pelatihan Kader Remaja Tanpa Anemia di Desa Gudang Hirang, Mahasiswa PSKM (Program Studi Kesehatan Masyarakat) FK ULM (Universitas Lambung Mangkurat) Turun Langsung ke Desa.

KELOMPOK 4 PBL II DESA GUDANG HIRANG, KECAMATAN SUNGAI TABUK, KABUPATEN BANJAR



Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa kesehatan masyarakat yang diharapkan mampu melaksanakan stategi promosi kesehatan yang dikenal dengan ABG (Advokasi, Bina Suasana, dan Gerakan Pemberdayaan Masyarakat).
Pada PBL II yang berlangsung dari tanggal 10 Juni 2019 – 30 Juni 2019 sebanyak tujuh mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM melaksanakan kegiatan intervensi di Desa Gudang Hirang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Mahasiswa tersebut melakukan intervensi berupa tindak lanjut dari permasalahan yang didapatkan dari hasil diagnosa komunitas dan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) bersama Puskesmas Sungai Tabuk 1 yang sebelumnya sudah dilakukan pada PBL I (4 Februari 2019 –28 Februari 2019), dimana didapatkan kesepakatan bahwa permasalahan utama di desa adalah sebanyak 58,14% remaja putri di Desa Gudang Hirang tidak pernah meminum tablet tambah darah, sehingga remaja putri berpotensi mengalami anemia.
Untuk memecahkan masalah tersebut, intervensi yang dilakukan oleh mahasiswa PBL yaitu Pembentukan Kader Remaja Tanpa Anemia, Penyuluhan tentang Anemia, Pemeriksaan HB serta Pembagian Tablet Tambah Darah (P3 KDRAMA) kepada remaja putri di SMPN 2 Sungai Tabuk Desa Gudang Hirang. Setelah terbentuknya kader yang beranggotakan 6 orang, kemudian di laksanakan penyuluhan anemia dan pemeriksaan Hb yang dilakukan mahasiswa bersama dengan tenaga analis laboratorium UPT Puskesmas Sungai Tabuk 1, serta pemberian tablet tambah darah yang bersumber dari UPT 1 Puskesmas Sungai Tabuk Gudang Hirang dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan. “Selain bertambahnya pengetahuan remaja putri Desa Gudang Hirang, diharapkan juga berkurangnya penyakit anemia di Desa Gudang Hirang tersebut” ujar Taufik selaku ketua kelompok PBL.
Pambakal Desa Gudang Hirang Bapak Syahrani juga mengharapkan dengan adanya kader remaja tanpa anemia Siswi SMPN 2 Sungai Tabuk Desa Gudang Hirang dapat melanjutkan program secara mandiri.  Untuk itu, dilakukan monitoring dan evaluasi program setiap bulannya untuk mengetahui apakah ada peningkatan dalam kepatuhan siswi untuk meminum tablet tambah darah secara rutin serta menjalani pola makan yang seimbang. 

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |