LOGO HIMA
TERBARU

1 Okt 2019

Wujudkan Bebas BABS (Buang Air Besar Sembarangan) di Desa Sungai Tabuk Keramat, Mahasiswa PSKM (Program Studi Kesehatan Masyarakat) FK ULM (Universitas Lambung Mangkurat) Bersama Warga Membangun Jamban Sehat.


KELOMPOK 1 PBL II DESA SUNGAI TABUK KERAMAT, KECAMATAN SUNGAI TABUK, KABUPATEN BANJAR
Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa kesehatan masyarakat yang diharapkan mampu melaksanakan stategi promosi kesehatan yang dikenal dengan ABG (Advokasi,
Bina Suasana, dan Gerakan   Pemberdayaan Masyarakat).

Pada PBL II yang berlangsung dari tanggal 10 Juni 2019-30 Juni 2019 sebanyak tujuh mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat FK ULM melaksanakan kegiatan intervensi di Desa Sungai Tabuk Keramat, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Mahasiswa tersebut melakukan intervensi berupa tindak lanjut dari permasalahan yang didapatkan dari hasil diagnosa komunitas yang sebelumnya sudah dilakukan pada PBL I (4 Februari 2019 – 28 Februari 2019).  Hasil dari kegiatan PBL I yaitu masih banyaknya masyarakat yang melakukan buang air besar sembarangan di sungai, hal tersebut menjadi masalah mengingat masyarakat sendiri masih menggunakan air sungai tersebut untuk kebutuhan rumah tangga.
Intervensi yang dilakukan oleh mahasiswa PBL yaitu melakukan penyuluhan tentang Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) kepada masyarakat Desa Sungai Tabuk Keramat. Selain kegiatan penyuluhan, mahasiswa juga membangun satu bangunan WC Sehat di salah satu rumah warga agar masyarakat sekitar mengetahui bagaimana bangunan WC yang sehat dan mereka mampu mencontoh bangunan WC sehat tersebut.

 

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |