LOGO HIMA
TERBARU

1 Okt 2019

[Mahasiswa PSKM Fakultas Kedokteran ULM Ajak Anak-anak di Desa Sungai Pinang Lama untuk Peduli Lingkungan]




Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat beri penyuluhan kesehatan pada siswa kelas 4 dan 5  MI Darul Aman, Desa Sungai Pinang Lama. Kab. Banjar, Prov. Kalimantan Selatan, pada tanggal 22 Juni 2019.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan Praktek Belajar Lapangan 2. Adapun anggota Tim PBL kami di Desa Sungai Pinang Lama ini antara lain; Benbela Gustianto (ketua kelompok), Ainun Yusriah Anggraeni, Eritrhima Mayasa Putri, Mega Silvyana Putri, Regina Meishela Karina T.S., Rini Katiya, dan Putri Julia Rahayu.
Penyuluhan yang dibawakan mengenai materi tentang kebersihan lingkungan yang berfokus pada perilaku membuang sampah pada tempatnya. Selain pemberian materi, kegiatan ini juga menunjuk 8 orang peserta yang dijadikan kader untuk membantu mengingatkan teman-temannya agar tidak membuang sampah sembarangan. Penyuluhan ini dihadiri oleh 43 orang siswa dan mereka sangat antusias. Pihak sekolah sangat mendukung dan menyambut baik diadakannya kegiatan ini. Dalam kegiatan ini pihak sekolah diberikan kenang-kenangan berupa poster yang isinya ajakan untuk membuang sampah pada tempatnya.
Kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan kepada anak-anak sejak dini mengenai pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan menjaga kebersihan lingkungannya. Karena mengingat kondisi lingkungan di Desa Sungai Pinang Lama yang berada dibantaran Sungai Martapura yang membuat warga dengan mudahnya membuang sampah ke sungai. Hal ini diperparah dengan terbatasnya sarana dan prasarana terkait dengan pengelolaan sampah di daerah ini.  
Selain memberikan penyuluhan, para mahasiswa membangun sebuah TPS percontohan sebagai langkah awal untuk mengajak masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. Dari  pihak desa sendiri rencananya akan memfasilitasi terkait permasalahan ini, dan jika dirasa cukup efektif maka akan dilakukan pengembangan.

PBL 2 PSKM FK ULM @kesmas_fk_ulm
Kel. 17 Desa Sungai Pinang Lama @pblpinanglamariver_ @pskmulm2017

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |