LOGO HIMA
TERBARU

9 Mei 2019

KELOMPOK 5 PBL II DESA LIHUNG KEC. KARANG INTAN

Tingkatkan Kualitas Air Bersih di Desa Lihung


Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat angkatan 2016 Fakultas Kedokteran ULM usai melakukan PBL tentang air bersih di Desa Lihung Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.(ist)
BANJARMASIN – Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat ajak masyarakat gunakan air bersih.
 Hal tersebut dilakukan saat kegiatan intervensi Pengalaman Belajar (PBL) mengenai Sosialisasi dan Demo alat filtrasi air sederhana sebagai solusi permasalahan rendahnya kualitas air sumur di Desa Lihung Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.
Ketua kelompok Recksy Harisandi, mengatakan dari hasil diagnosa komunitas saat PBL didapatkan permasalahan rendahnya kualitas air sumur. Dimana keluhan masyarakat air akan jernih sesaat ketika ditampung tetapi akan berubah warna menjadi kuning setelah beberapa saat, dan berbau (biasanya bau besi atau bau tanah).
“ Dari hasil penelitian  yang kami lakukan ternyata air sumur tersebut mengandung kadar zat besi yang tinggi,” ujar  Recksy  yang didampingi Ahmad Hasir, Ade olga Oktaviana, Siti Nur Asiah, Tia Indriani, Putri Muslimah dan Witia Amalia saat dihubungi di Banjarmasin, Kamis (7/2).
Jika kadar zat besi yang terlarut dalam air melebihi ambang batas, maka dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti mual, iritasi pada mata dan kul, dan jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama maka dapat merusak dinding usus.
Untuk itu mahasiswa program studi kesehatan masyarakat melakukan sosialisasi dan demo alat filtrasi air sederhana guna meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai pentingnya menggunakan air bersih.
Dalam pengolahan air bersih dengan alat filtrasi air sederhana ini dapat, mahasiswa mengajak masyarakat untuk memanfaatkan bahan-bahan yang mudah ditemukan disekitar rumah, seperti spon cuci piring, sabut kelapa, ijuk, kapas, arang kayu, dan kerikil.
Diharapkan dengan adanya alat filtrasi sederhana ini, masyarakat Desa Lihung dapat mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.
“Menjaga air, Gunakan air bersih, menjaga kehidupan, generasi Indonesia sehat” ajak mahasiswa kepada masyarakat setempat.
Ketua RT 3 Desa Lihung, M Aidi Adhani, mengatakan sangat mendukung dan menyambut baik dengan adanya kegiatan tersebut, dan berharap pada masyarakat desa Lihung agar bisa ikut berpartisipasi dalam menjaga air bersih dilingkungannya masing-masing.


About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |