LOGO HIMA
TERBARU

9 Mei 2019

KELOMPOK 14 PBL II DESA JINGAH HABANG ILIR KEC. KARANG INTAN



Sosialisasi Ajak Masyarakat Jangan BAB ke Sungai 



Mahasiswa program studi kesehatan masyarakat FK ULM kelompok 14 sosialisasi bahaya BAB ke sungai kepada warga Desa Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.

JINGAH HABANG ILIR– Permasalahan penyaluran atau pembuangan tinja ke sungai menjadi salah satu momok masalah yang masih berkembang di masyarakat khususnya di Desa Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.
Hal tersebut ditemukan setelah mahasiswa program studi kesehatan masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kelompok 14 melakukan PBL ke Desa Jingah Habang Ilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar tersebut.
“Tujuan kegiatan yang kami lakukan adalah untuk meningkatkan pengetahuan sehingga terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam penyaluran tinja atau  buang air besar (BAB) jangan ke sungai ” ujar  Ketua Kelompok 14, M. Aburizal B yang didampingi Nuansa Abdi S, Marni, Nur Ramadhayanti P, Nur Aidha Apriliyanti dan Nurul Hafijah.
Bersama warga, tim ini menyepakati untuk melaksanakan sosialisasi berupa “Pembuatan Media Informasi berupa spanduk dan papan plang” yang dimana isinya berisi ajakan untuk menjaga lingkungan sungai.
Dan dilaksanakan juga kegiatan lainnya yakni penyuluhan ke SD Jingah Habang Ilir mengenai pentingnya menjaga lingkungan sungai dan dampak dari pembuangan tinja ke sungai, lalu juga dilaksanakan penyuluhan kesehatan oleh pihak Puskesmas Karang Intan 1 yang menyampaikan tentang jamban sehat dan saluran pembuangan tinja yang berstandar.
Dilanjutkan penyuluhan oleh tim mengenai pentingnya menjaga lingkungan sungai dan dampak dari pembuangan tinja kesungai. Setelah penyuluhan dilakukan pembentukan kader yang diberi nama Kader LINGAI (Peduli sungai).
“Bentuk keberlanjuan dari kegiatan ini adalah dengan peran kader sebagai educator dan pembimbing bagi rumah tangga yang masih menyalurkan pembuangan tinja ke sungai dengan memberikan penyuluhan setiap bulannya dengan datang ke rumah-rumah dan memberikan pesan-pesan kesehatan, dimana jumlah kader ada 9 orang dengan tiap kader memegang 5-6 Rumah Tangga yang akan dibimbing,” jelasnya.
Kaur Lingkungan Desa Jingah Habang Ilir, Fahrurraji, mengapresiasi dengan kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa PBL Kesehatan Masyarakat ULM, ia berterimakasih karena mahasiswa telah membantu dalam menangani permasalahan lingkungan berupa penyaluran tinja kesungai yang ada selama ini ditengah-tengah masyarakat Jingah Habang Ilir.
“Saya berharap kegiatan ini bisa diteruskan kembali, agar masyarakat bisaa mendapatkan pengetahuan lebih mengenai dampak menyalurkan tinja kesungai dan bisa perlahan merubah kebiasaan dengan tidak lagi BAB atau menyalurkan pembuangan tinja kesungai,” ujarnya.
Kasi Pemerintahan Desa Jingah Habang Ilir, Fathurrahman mengatakan jangan bosan memberi pengetahuan dan nasehat kepada masyarakat. “Kami siap membantu mahasiswa dan kegiatannya yang memberikan manfaat buat masyarakat Jingah Habang Ilir,” ujarnya.
Program ini akan selalu dilakukan monitoring dan evaluasi sampai pelaksanaan PBL III.  Kegiatan ini tak lepas dari peran aparat desa, Puskesmas Karang Intan 1, kader dan masyarakat desa yang sangat mendukung demi keberlanjtan kegiatan ini.
“Maka dari itu ayo kita sayangi lingkungan sungai kita dengan tidak Mandi, Mencuci, memasak juga Buang Air Besar disungai Mari kita rubah perilaku dari diri sendiri, keluarga lalu masyarakat sekitar untuk kehidupan lebih baik,” harapnya.


About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |