LOGO HIMA
TERBARU

9 Mei 2019

KELOMPOK 8 PBL II DESA MALI KEC. KARANG INTAN

Cegah Faktor Resiko Kekurangan Energi Kronis (KEK) pada remaja, Mahasiswa PSKM (Program Studi Kesehatan Masyarakat) FK UNLAM
( Universitas Lambung Mangkurat ) Turun langsung ke desa.

KELOMPOK 8 PBL II DESA MALI – MALI, KECAMATAN KARANG INTAN, KABUPATEN BANJAR
            Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa Kesehatan Masyarakat yang diharapkan mampu melaksanakan stategi promosi kesehatan yang dikenal dengan ABG (Advokasi, Bina Suasana, dan Gerakan Pemberdayaan Masyarakat).
Pada PBL II yang berlangsung dari tanggal 09 Januari 2019 – 03 Februari 2019 di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar. Kelompok 8 yang diketuai oleh Raden Akbar Agustriyanto serta anggota kelompok yang terdiri dari Rezeki Norwinardi, Diah Agustina, Erma Rahmaniah, Erwinda Safitri, serta Gusti Firdha Amalia melaksanakan intervensi di desa Mali – Mali, Kecamatan karang Intan, Kabupaten Banjar. Mahasiswa PBL Kelompok 8 melakukan intervensi berupa tindak lanjut dari permasalah yang didapatkan dari hasil diagnose komunitas yang sebelumnya sudah dilakukan mahasiswa pada PBL I (02 Juli – 31 Juli 2018).  Dimana hasil pengumpulan data yang didapatkan masih banyak remaja puteri di desa Mali – Mali memiliki faktor risiko KEK (Kekurangan Energi Kronis), hal tersebut menjadi permasalah mengingat bahwa remaja akan menjadi seorang ibu yang mengandung yang tentunya harus tercukupi gizinya agar bayi yang kelak dia kandung juga mendapatkan gizi yang cukup juga.

Intervensi yang pertama dilakukan ialah, mahasiswa PBL bersama dosen pembimbing Dr.Meitria Syahadatina Noor, dr, M.Kes melakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang pengertian KEK (Kekurangan Energi Kronis) serta Pemenuhan mengenai kebutuhan gizi sehari – hari berbasis pangan lokal kepada ibu – ibu yang kebanyakan memiliki remaja putri. Sosialisai kali ini dilakukan disalah satu rumah warga bersamaan dengan acara yasinan ibu – ibu warga desa Mali – Mali.

 
Selain  melakukan penyuluhan kepada orangtua, mahasiswa PBL juga melakukan penyuluhan dan sosialisasi pengertian KEK (Kekurangan Energi Kronis) serta Pemenuhan mengenai kebutuhan gizi sehari – hari berbasis pangan lokal kepada remaja putri desa Mali – mali yang langsung dilakukan di MtsS Al Khair Mali – Mali, serta materi tumbuh kembang remaja yang disampaikan langsung oleh Dr.Meitria Syahadatina Noor, dr, M.Kes. Kemudian dilanjutkan dengan pengukuran Antropometri (BB,TB,LILA) dengan tujuan sebagai tolak ukur serta memantau apakah ada perubahan setelah dilakukan intervensi.


Kemudian Mahasiswa PBL juga membagikan dan menempel poster dibeberapa tempat umum seperti Pustu (Puskesmas Pembantu), balai desa, Sekolah – Sekolah yang ada di Desa Mali – Mali.


Selain Kegiatan diatas, mahasiswa PBL juga melakukan pembentukan, peresmian serta pelatihan Kader ANTI KEK yang terdiri atas ibu – ibu yang juga merupakan perwakilan orangtua remaja putri Desa Mali – Mali. Pelatihan Kader dilakukan pada tanggal 01 Februari 2019 di Pustu (Puskesmas Pembantu) Desa Mali – Mali yang dihadiri langsung oleh Bidan Desa yakni ibu Yuniarti Amd,Keb. 



NARAHUBUNG (Akbar 081346848658)

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |