LOGO HIMA
TERBARU

9 Mei 2019

KELMPOK 11 PBL II DESA SUNGAI ALANG KEC. KARANG INTAN


"Metode Pekan Baso (Pengendalian Kawasan Bebas Asap Rokok) Sebagai Solusi Pengurangan Perilaku Merokok di Masyarakat Desa Sungai Alang, Kecamatan Karang Intan"




PBL (Pengalaman Belajar Lapangan) II, yang berlangsung pada tanggal 09 Januari - 03 Februari 2019. Nama kegiatannya "Metode Pekan Baso (Pengendalian Kawasan Bebas Asap Rokok) Sebagai Solusi Pengurangan Perilaku Merokok di Masyarakat Desa Sungai Alang, Kecamatan Karang Intan". Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Sungai Alang Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Oleh Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat, 7 orang terdiri dari:
1.      Agus Muhammad Ridwan
2.      Widya Wati Rahmadani
3.      Yolanda Amelia Marta
4.      Nanda Suji Paramita
5.      Misda Silva
6.      Sri indang Kasih
7.      Syifaul Husna
Peserta berasal dari masyarakat Desa Sungai Alang yaitu untuk penyuluhan adalah bapak-bapak yang merokok terdiri dari 30 orang. Pembekalan kader anti rokok adalah 20 orang.
1.      Penyuluhan : Mahasiswa PBL II Desa Sungai Alang Kesmas FK UNLAM. Mahasiswa menyampaikan mengenai perilaku merokok, perokok aktif dan pasif, zat berbahaya pada rokok, dampak akibat rokok, upaya pencegahan dan penanggulangan merokok, dan program intervensi yang akan dilakukan mahasiswa PBL 2 kepada masyarakat Desa Sungai mengenai "Metode Pekan Baso (Pengendalian Kawasan Bebas Asap Rokok) Sebagai Solusi Pengurangan Perilaku Merokok di Masyarakat Desa Sungai Alang, Kecamatan Karang Intan".




2.      Pembekalan Kader Anti Rokok : Neka Erlyani, M.Psi, Psikolog. Narasumber menyampaikan materi mengenai pembekalan kader anti rokok di Desa Sungai Alang Kecamatan Karang Intan.
Lama waktu acara berlangsung sekitar 90 menit dan yang menarik selama kegiatan berlangsung adalah masyarakat mendapatkan pengetahuan yang bertujuan untuk mengurangi merokok di dalam rumah sehingga keluarga bahkan anak kecil dapat menghirup udara yang bebas dari asap rokok di sekitar tempat tinggalnya. Mahasiswa PBL II Desa Sungai Alang juga membuat intervensi yang dinamakan pojok rokok dimana pojok rokok ini adalah salah satu tempat yang disediakan di tiap RT pada Desa Sungai Alang untuk bapak-bapak agar mereka dapat mengurangi merokok di dalam rumah dan keluarga terdekat. Di pojok rokok ini bapak-bapak juga di beri konseling dari kader anti rokok yang sudah dibentuk untuk memantau jumlah konsumsi rokok tiap keluarga yang berkomitmen untuk berhenti merokok atau mengurangi jumlah konsumsi rokok tiap harinya yang dipantau oleh kader anti rokok setiap bulannya.
Harapan dengan diselenggarakan acara ini apa adalah panitia, berharap masyarakat Desa Sungai Alang dapat mengurangi jumlah rokok yang dikonsumsi atau bahkan bisa berhenti merokok dengan adanya intervensi yang kami lakukan ini bisa membuat perubahan ke arah yang lebih baik lagi untuk perilaku masyarakat dan generasi-generasi muda agar menjauhi perilaku merokok yang dapat berpengaruh pada kebiasaan yang tidak baik sehingga kebiasaan tersebut dapat merugikan orang-orang disekitarnya.


About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |