LOGO HIMA
TERBARU

9 Mei 2019

KELOMPOK 4 PBL II DESA PASAR LAMA KEC. KARANG INTAN


MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT FK ULM BERIKAN EDUKASI PERINGATAN BAHAYA MEROKOK MELALUI PENGAWAS ROKOK


Pada tanggal 9 Januari-3 Februari 2019 mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) Angkatan 2016 melakukan kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) II di 17 Desa yang ada di Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Salah satunya kelompok 4 yang melakukan PBL di Desa Pasar Lama. Kelompok 4 ini beranggotakan Fahmi Ramadhan, M. Anshori Rahman, Netty Hidayatie, Nazmi Rifkah, Rahimah Warsono Puti, Nor Azizah, Sessy Revila Mahardika.


Sebelumnya mahasiswa PSKM Angkatan 2016 telah melakukan kegiatan PBL I yaitu melakukan diagnosa komunitas dengan menggunakan instrumen yang telah disediakan. Sehingga ditemukan beberapa masalah yang ada di Desa Pasar Lama salah satunya yaitu rokok yang disepakati oleh masyarakat untuk dicari solusi pada kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa yang diadakan oleh mahasiwa kelompok 4.

Pada PBL II ini dilakukanlah kegiatan intervensi untuk permasalahan yang telah disepekati bersama masyarakat. Masalah rokok memang ssudah menjadi hal yang lumrah di masyarakat karena untuk berhenti merokok itu sangat sulit menurut pendapat sebagian besar orang yang merokok. Sehingga mahasiswa PSKM kelompok 4 mengupayakan agar setidaknya para perokok tidak merokok di dalam rumah melalui kegiatan pengawas rokok, yang mana ibu atau istri dari si perokok lah yang dijadikan sebagai pengawas rokok.  Karena untuk menghindarkan anggota keluarga dari paparan asap rokok yang dapat membahayakan kesehatan. Pengawas rokok ini diberikan lembar isian yang harus di isi setiap harinya untuk mengawasi si perokok, mengingatkan tentang bahaya merokok, mengisi batang rokok yang di isap per hari oleh perokok. Sehingga ini diharapkan dapat membuat perokok tidak lagi merokok didalam rumah atau bahkan dapat mengurangi jumlah rokok yang dihisap setiap harinya, kalau memang sampai berhenti merokok itu akan jauh lebih baik lagi.

Selain pengawas rokok, intervensi yang dilakukan mahasiswa di Desa Pasar Lama juga pemasangan plang yang berisi peringatan bahaya merokok yang dipasang di tiga titik lokasi di Desa Pasar Lama Kecamatan Karang Intan yaitu didepan Kantor Pambakal Desa Pasar Lama, didepan mesjid dan di taman bacaan. Mahasiswa juga melakukan kegiatan penyuluhan tentang rokok kepada ibu-ibu yang menjadi pengawas rokok, yang mana dipaparkan tentang definisi rokok, jenis perokok, tipe perokok, bahaya rokok, dampak merokok dan lain-lain. Hal ini agar memudahkan pengawas untuk lebih tahu tentang rokok dan untuk mengawasi perokok.



About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |