LOGO HIMA
TERBARU

9 Mei 2019

KELOMPOK 3 PBL II DESA KARANG INTAN KEC. KARANG INTAN

BIJAK & CERDAS DALAM MENGELOLA SAMPAH





KARANG INTAN-Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat angkatan 2016 FK ULM tengah melakukan kegiatan intervensi Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) II tentang pengelolaan sampah organik dan anorganik di Desa Karang Intan Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar dengan kerjasama dari pihak Puskesmas Karang Intan 1 dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar, Kamis (24/01).
Kepala Desa Karang Intan mengatakan, masyarakat disini masih banyak yang tidak peduli betapa pentingnya pemilahan sampah dan pengelolaan sampah organik dan anorganik. Harapannya, kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan tanpa polusi sampah yang semakin tinggi.”Sampai saat ini, di Karang Intan belum ada pelatihan pembuatan pupuk kompos dan kerajinan tangan dari sampah anorganik.”
Bagaimana cara mengolah sampah? Pertanyaan ini dilemparkan mahasiswa kepada masyarakat yang berhadir. Kuncinya adalah pemilahan sampah. Salah satu keuntungan memilah sampah adalah mengurangi timbunan sampah dan memperoleh penghasilan tambahan. Prinsip 3R dalam pengelolaan sampah; 1) Reduce, meminimalisir jumlah sampah; 2) Reuse, memanfaatkan barang bekas agar tidak cepat menjadi sampah; 3) Recycle, mendaur ulang sampah dengan cara mengolah sampah
Pengelolaan sampah yang dapat dilakukan pada skala rumah tangga salah satunya melalui pelatihan pembuatan pupuk kompos dan kerajinan tangan dari sampah anorganik kepada masyarakat Desa Karang Intan yang dilakukan oleh mahasiswa PSKM dan pihak terkait, agar masyarakat dapat memanfaatkan kembali sampah dan berpenghasilan tambahan serta melakukan penyuluhan ke semua sekolah yang ada di Desa Karang Intan ‘Mari merubah perilaku dari diri sendiri, mari kenali sampah, mari cintai lingkungan, untuk Desa Karang Intan lebih baik”

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |