LOGO HIMA
TERBARU

9 Mei 2019

KELOMPOK 12 PBL II DESA SUNGAI LANDAS KEC. KARANG INTAN


Cegah Gizi Kurang, Mahasiswa PSKM FK-ULM adakan Pos Gizi.



Masalah gizi kurang pada balita secara langsung disebabkan oleh anak tidak mendapatkan cukup asupan makanan yang mengandung gizi. Untuk meningkatkan status gizi pada balita mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) FK ULM Kelompok 12 yang terdiri dari Farid Ilham Muddin, Gina Ayu Septia Rahman, Elly Rahmah, Etika Safitri, Najwa Syauqiyah,  Narlin dan Noor Wiranita Hidayah melakukan kegiatan intervensi pada Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) 2 yang bekerjasama dengan Puskesmas Karang Intan 2.

Kegiatan intervensi yang dilakukan berupa program Pos Gizi Masyarakat (POSGIAT) dengan pendekatan Positive Deviance (PD) di Desa Sungai Landas Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran ibu terkait pentingnya gizi pada balita dengan memanfaatkan sumber daya lokal yang ada. Kegiatan intervensi ini dilakukan selama 1 bulan dengan fokus kepada ibu balita. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa bersama dengan ahli gizi melakukan serangkaian kegiatan yang meliputi penyuluhan kesehatan tentang pola asuh dan Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS), demo memasak dan pelatihan kader.

Kurang gizi pada balita akan berdampak pada pertumbuhan fisik maupun mental, gangguan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, menurunnya kekebalan tubuh sehingga mudah terkena penyakit infeksi, menghambat prestasi belajar, timbulnya kecacatan dan tingginya angka kesakitan, serta kematian. Ahli gizi puskesmas karang intan 2 berharap dengan adanya program intervensi ini masyarakat sadar akan pentingnya gizi pada balita terutama pada 1000 hari pertama kehidupan.

“Kami berharap dengan adanya program intervensi Pos Gizi ini desa Sungai Landas bebas dari masalah gizi kurang dan jangan lupa datang ke Posyandu untuk memantau tumbuh kembang balita setiap bulan.” tutur Farid Ilham Muddin selaku ketua kelompok.

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |