LOGO HIMA
TERBARU

9 Mei 2019

KELOMPOK 2 PBL II DESA MANDIANGIN TIMUR KEC. KARANG INTAN

SAMPAH MENJADI BERKAH


Masalah pencemaran lingkungan akibat minimnya pengelolaan sampah,  tingginya laju timbulan sampah, serta masih kurangnya pengetahuan dan kepedulian masyarakat sehingga suka berperilaku membuang sampah sembarangan merupakan masalah yang pada beberapa wilayah belum teratasi. Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) FK ULM melalui kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL), yang merupakan salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, pada tanggal 9 Januari hingga 3 Februari 2019, bersama-sama dengan aparat desa dan masyarakat Desa Mandiangin Timur melaksanakan kegiatan Gerakan Masyarakat Peduli Sampah untuk membenahi pengelolaan sampah yang ada di Desa Mandiangin Timur, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar.
Pada kegiatan Gerakan Masyarakat Peduli Sampah dengan tagline “Mari pilah sampah dan olah sampah menjadi berkah”, mahasiswa PSKM FK ULM didampingi oleh dosen pembimbing yaitu Ratna Setyaningrum, SKM, M.Sc, dan bekerjasama dengan pihak TPA Cahaya Kencana, melakukan penyuluhan mengenai pengelolaan sampah, serta pelatihan pemilahan dan pengolahan sampah. Kegiatan dilaksanakan di balai desa Mandiangin Timur, dan dihadiri aparat  desa, ibu-ibu PKK serta masyarakat desa Mandiangin Timur.
“Tujuan diadakannya kegiatan Gerakan Masyarakat Peduli Sampah di Desa Mandiangin Timur ini adalah untuk meningkatan pengetahuan masyarakat   mengenai pengelolaan sampah dan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, sampah bukanlah masalah namun dapat menjadi berkah apabila dikelola dengan baik dan benar. Selain itu dengan adanya kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat memilah sampah mulai dari sumbernya dan mampu mengolah sampah secara mandiri sehingga mengurangi volume sampah yang dibuang, mencegah dampak sampah serta lingkungan menjadi lebih asri.” Ujar Winda salah satu mahasiswa PSKM FK ULM.
Sejalan dengan adanya kegiatan PBL oleh mahasiswa PSKM FK ULM melalui Gerakan Masyarakat Peduli Sampah ini diharapkan dapat menjadi program yang berkelanjutan dan hal tersebut didukung dengan adanya komitmen dari pemerintah Desa Mandiangin Timur bahwa sampah bukanlah masalah. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Budi Wahono, selaku kepala Desa Mandiangin Timur.


KELOMPOK 2 (DESA MANDIANGIN TIMUR) 

1.      M. ADRIANADI RAMADHAN (1610912310030)
2.      MUHAMMAD RIZKY F (1610912310031)
3.      MUTIA ARDIYANTI (1610912120022)
4.      NURWINDA ADZELLIN (1610912220026)
5.      PUTERI RAHMANIAR (1610912220027)
6.      PUTRI MICHIKO SARI DEWI (1610912220028)
7.      WAHDI HABIBIE (I1A113279)

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |