LOGO HIMA
TERBARU

9 Mar 2017

[Kegiatan PBL 2 Kelompok 8 Desa Kelampaian Ilir ] ZERO WASTING BUT SURPLUS, UBAH SAMPAH JADI BERKAH

ZERO WASTING BUT SURPLUS, UBAH SAMPAH JADI BERKAH DI DESA KELAMPAIAN ILIR


PBL PSKM FK ULM pada tahun 2016-2017 dilaksanakan di desa yang tersebar di 14 desa di Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Salah satu tahapan yang dilakukan pada tahun 2017 yaitu PBL 2. Dalam PBL 2, intervensi yang dilakukan oleh beberapa desa mempunyai kesamaan yaitu pelatihan pembuatan kompos (composting). Kelompok mahasiswa yang bertempat di Desa Kelampaian Ilir adalah Kelompok 8. Eko Soehartono sebagai ketua dan anggota dari kelompok ini yaitu Hariwan Darajatun Firdaus, Sasikarani, Gusti Arnia Nurvira, Khusnul Khotimah, Ratna Marta Sari, dan Lia Anggraini. Intervensi composting yang dilakukan merupakan intervensi gabungan ketiga desa yang ada di Desa Kelampaian (Ulu, Tengah dan, Ilir). Kegiatan intervensi ini  dilakukan pada hari Jum’at, 27 Januari 2017 di Desa Kelampaian Ulu Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar (dekat Makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari) yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar.
Dengan adannya pelatihan ini, diharapkan masyarakat Desa Kelampaian dapat menerapkan composting dirumah masing-masing sehingga mengurangi volume dan
. Desa Kelampaian Ilir berada di daerah lahan basah dimana daerah Desa Kelampaian Ilir terdiri dari sungai dan tanah rawa. Berdasarkan diagnosa komunitas yang dilakuka oleh mahasiswa, terdapat masalah yang paling tinggi di Desa Kelampaian Ilir adalah permasalahan sampah. Permasalahan sampah ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya tidak terdapatnya tempat sampah, kurangnya pengetahuan masyarakat akan pengelolaan sampah serta kurangnya kesadaran akan dampak dari sampah yang tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu, solusi yang disepakati oleh masyarakat Desa Kelampaian Ilir bersama mahasiswa yang bertugas sebagai fasilitator adalah pengelolaan sampah.
Program intervensi untuk Desa Kelampaian Ilir berjudul “Zero Wasting but Surplus, Ubah Samapah menjadi Berkah”. Dalam program ini terdapat beberapa sub intervensi yang terdiri dari pertama, penyuluhan mengenai pemilahan sampah organik dan anorganik serta penyuluhan mengenai bank sampah. Kedua, pengadaan bak sampah/TPS 2 warna (organik dan anorganik) guna membiasakan warga untuk memisahkan sampah rumah tangga. Ketiga, pembentukkan Bank Sampah guna meningkatkan mengurangi volume sampah non organic dengan cara dijual dan uangnya ditabung di bank sampah dan mengurangi volume sampah anorganik yang dibuang sembarangan. Keempat, barterisasi yaitu uang yang sudah ditabung dari hasil penjualan sampah dapat ditukarkan dengan sembako maupun dapat diambil sewaktu-waktu dengan bentuk uang. Kelima, Sign and Warning (Papan peringatan yang disertai hadits Nabi) yang dipasang ditempat-tempat umum dan dekat sungai dengan tujuan sebagai pengingat terhadap warga yang akan membuang sampah sembarangan. Tulisan yang ada dalam Sign and Warning merupakan tulisan  mengenai peringatan serta di tambahi dengan hadist nabi maupun pengingat/perkataan tokoh agama sehingga peringatan tersebut dapat dipahami dan disadari oleh masyarakat. Keenam, pengadaan gerobak pengangkut sampah, yang berguna untuk mengangkut sampah yang sudah dipilah oleh rumah (nasabah) untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir sebelum dijual ke pengepul. Ketujuh, pelatihan creation dimana sampah nonorganik yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi barang yang bernilai guna dengan memanfaatkan kearifan lokal daerah stempat. Kedelapan, dan pelatihan pembuatan kompos (composting).
Melalui program intervensi Zero Wasting but Surplus, Ubah Sampah menjadi Berkah” diharapkan masyarakat Desa Kelampaian Ilir dapat mandiri dalam mengatasi masalah yang ada di desannya terutama masalah kesehatan lingkungan sehingga Desa Kelampaian Ilir menjadi desa yang bersih, sehat dan produktif.




About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |