LOGO HIMA
TERBARU

9 Mar 2017

[Kegiatan PBL 2 Kelompok 13 Desa Tambak Danau ] MENGAJAK MASYARAKAT HIDUP SEHAT DAN BERSIH DENGAN PENGELOLAAN SAMPAH

MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT FK UNLAM KELOMPOK 13 DI DESA TAMBAK DANAU KECAMATAN ASTAMBUL KABUPATEN BANJAR DALAM MENGAJAK MASYARAKAT HIDUP SEHAT DAN BERSIH DENGAN PENGELOLAAN SAMPAH





Pada kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan II yang dimulai pada tanggal 22 Januari- 4 Februari 2017 mahasiswa PSKM FK Unlam kelompok 13 telah melakuakan melakukan kegiatan Penyuluhan dan Pelatihan tentang pengelolaan sampah dan pembuatan kompos, dan upaya pembuatan TPS, serta penyediaan pengangkutan sampah sebagai kelanjutan kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan I dalam menanggulangi permasalahan sampah yang telah ditemukan sebelumnya di Desa Tambak Danau Kecamatan Astambul. Sebelumnya, masyarakat Desa Tambak Danau memiliki kebiasaan membakar sampah, membuang sampah ke sungai, maupun dibiarkan menumpuk di lingkungan rumah. Hal tersebut lalu menjadi permasalahan yang coba diselesaikan.
Kegiatan yang coba dilaksanakan yaitu berupa pelaksanaan penyuluhan dan pelatihan pengelolaan sampah dan pembuatan kompos untuk untuk meningkatkan pengetahuan serta kesadaran masyarakat tentang pentingnya pengelolaan sampah dengan benar. Kegiatan penyuluhan dan pelatihan yang dilaksanakan selain dihadiri masyarakat juga dihadiri oleh Kepala Puskesmas Astambul beserta staffnya, Kepala Polsek Kecamatan Astambul, Perwakilan Babinsa, serta Pembakal Desa Tambak Danau sendiri. Pada kegiatan pelatihan kompospun mengundang Ketua dan beberapa anggota dari Komunitas Hijau Kabupaten Banjar sebagai pelatih. Kegiatan juga banyak dibantu oleh Pembakal dan masyarakat desa baik tenaga maupun dana, seperti pembangunan tenda untuk pelaksanaan kegiatan penyuluhan dan pelatihan, serta penyediaan konsumsi untuk masyarakat dan tamu undangan yang telah berhadir dalam kegiatan tersebut.
Dari hasil beberapakali rapat atau musyawarah yang telah dilaksanakan tercapai kesepakatan pembangunan TPS yang akan di buat di Desa Tambak Danau dengan memberdayakan masyarakat setempat serta dibiayai oleh dana desaMeskipun sudah tercapai kesepakatan untuk pembangunan TPS dan pengangkutanya tersebut, tidak serta merta kegiatan penanggulangan sampah yang dilaksanakan mahasiswa Kesehatan Masyarakat FK Unlam sudah selesai. Masih banyak yang harus dilakukan oleh mahasiswa, baik pengawasan pembuatan TPS hingga benar-benar terlaksananya alur penanganan sampah yang benar sejak dibuang oleh masyarakat sampai diangkut ke TPA. Hal tersebut tentunya perlu bantuan dari pihak desa dan masyarakat sendiri, supaya masalah sampah ini benar-benar dapat ditanggulangi dan tidak menimbulkan masalah lainnya dikemudian hari.



About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |