LOGO HIMA
TERBARU

10 Mar 2017

[Kegiatan PBL 2 Kelompok 6 Desa Sungai Tuan Ulu ] MENGOLAH SAMPAH MENJADI TEKNOLOGI TEPAT GUNA


ANTUSIAS WARGA SUNGAI TUAN ULU MENGOLAH SAMPAH MENJADI TEKNOLOGI TEPAT GUNA

Permasalahan sampah sampai sekarang ini masih menjadi masalah serius yang dihadapi oleh masyarakat, tidak terkecuali warga Astambul, khususnya warga desa Sungai Tuan Ulu Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Di desa ini permasalahan lingkungan masih menjadi permasalahan utama yang didapati, semua ini dikarenakan masih banyaknya sampah yang tidak dimanfaatkan lagi, sehingga dibuang begitu saja.
Hal ini menjadi perhatian bagi tenaga kesehatan setempat, dan juga mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat (PSKM ULM) Angkatan 2014 yang datang ke desa Sungai Tuan Ulu, untuk melaksanakan kegiatan Praktek Belajar Lapangan II, yang berlangsung selama dua minggu, mulai dari akhir Januari sampai dengan Februari 2017.
Berdasarkan hal itulah para mahasiswa kesehatan masyarakat ini melakukan intervensi terhadap permasalahan sampah dengan melaksanakan kegiatan Penyuluhan dan Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik yaitu Pengolahan Kompos dengan Metode Pengolahan Kompos Sederhana Skala Rumah Tangga dan Pengolahan Sampah Anorganik yaitu Pembuatan Tempat Sampah dari Botol Plastik Bekas (Teknologi Tepat Guna), dan untuk keberlanjutan upaya yang dilakukan para mahasiswa ini juga melakukan pengkaderan dalam pendistribusian sampah anorganik berbentuk Bank Sampah di desa Sungai Tuan Ulu.  
“Hal ini semata-mata dilakukan sebagai salah satu bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat serta untuk memenuhi tugas sebagai mahasiswa” Katanya.
Kegiatan yang dilaksanakan  diempat RT di desa Sungai Tuan Ulu, pada saat pelaksanaan pun kegiatan berlangsung dengan hikmat dan lancar, disertai antusias dan dukungan warga dan aparat pemerintahan setempat yang sangat baik.
Menurut Agus Salim selaku Kepala Desa Sungai Tuan Ulu Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa ini sangat membantu dalam pengembangan desa, dan juga kegiatan yang dilakukan sangat bermanfaat bagi warga desa Sungai Tuan Ulu.
“Kami sangat terbantu dengan kegiatan ini selain bermanfaat bagi warga, kegiatan ini jadi ajang menambah ilmu dan keterampilan bagi kami, dan juga tidak pernah terpikir oleh saya, pembuatan bak sampah dari botol ini, sangat kreatif” ujarnya.
Tokoh masyarakat desa Sungai Tuan Ulu. Soekarno sangat senang dengan diadakan nya kegiatan ini, terutama mengenai pelatihan pembuatan kompos, pelatihan ini sangat bermanfaat dan dapat menambah keterampilan bagi warga desa Sungai Tuan Ulu yang mayoritasnya kegiatannya bertani dan berkebun.
“Saya sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini karena pekerjaan saya sehari-harinya adalah petani, dengan ini saya bisa membuat lahan saya subur, apalagi bahan pembuatan mudah didapatkan, nanti saya akan mencobanya di lahan saya”. Imbuhnya.
Masyarakat desa Sungai Tuan Ulu. Busra sangat terbantu dengan dilaksanakannya pelatihan pengolahan sampah organik ini, dan sangat mendukung kegiatan yang dilakukan, selain bisa mengurangi membuang sampah sembarangan, sampah ini bisa dimanfaatkan kembali dengan cara dibuat menjadi kompos yang bernilai ekonomis.

“Menurut saya kegiatan penyuluhan dan pelatihan pengelolaan sampah ini sangat membantu saya dalam memanfaatkan sampah kembali, karena saya seorang pedagang jadi sehari-harinya banyak menghasilkan sampah organik, jadi dengan sudah tahunya saya tentang pengolahan sampah ini, saya sangat terbantu agar sampah yang saya hasilkan tidak dibuang kesungai, melainkan diolah kembali, selain itu kompos yang jadi nantinya bisa di jual sebagai tambahan penghasilan” imbuhnya.
Salah satu mahasiswa mengucapkan terimakasih atas dukungan yang telah diberikan dan juga antusias warga dalam mengikuti kegiatan ini, semoga kegiatan yang kami adakan bermanfaat, dan manfaat yang dihasilkan dapat menular hingga keseluruh lapisan masyarakat.


About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |