LOGO HIMA
TERBARU

5 Feb 2018

KELOMPOK 4 PBL II DESA GUNUNG MELATI, KECAMATAN BATU AMPAR, TANAH LAUT

Ayo Kelola Air Limbah Kita !!
Mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali melaksanakan Pengalaman Belajar Lapangan ke 2 di Desa Gunung Melati Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut pada tanggal 18 Januari- 4 Februari 2018.
Pengalaman Belajar Lapangan merupakan proses belajar untuk mendapatkan kemampuan profesional kesehatan masyarakat yang merupakan kemampuan spesifik seorang tenaga profesi bidang kesehatan masyarakat, dimana mahasiswa akan menganalisis masalah yang terjadi di wilayah tersebut sehingga masalah diwilayah tersebut dapat terpecahkan dengan solusi yang disepakati oleh masyarakat.Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dengan pihak Puskesmas dan Kepala Desa serta tokoh masyarakat setempat. Kegiatan yang diketuai oleh M. Hamam Kamil berjalan sangat lancar dan sangat di apresiasi oleh masyarakat di Desa tersebut.
Ketua Pelaksana kegiatan menuturkan, adapun kegiatan yang dilaksanakan diantaranya penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat di desa Gunung Melati. terkait tentang pentingnya mengelola air limbah rumah tangga dengan menggunakan SPAL (Saluran Pembuangan Air Limbah) sederhana.
Selain itu juga ditekankan kepada masyarakat perlunya menjaga kesehatan Lingkungan.  “Kami memberikan penyuluhan dan pelatihan pembuatan SPAL rumah tangga sehingga kesehatan lingkungan pun mudah di praktekan, sebelum melakukan penyuluhan kami juga melakukan rapat dengan aparat dan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di desa“ kata Kamil sebagai ketua kelompok. Selain itu juga dibentuk kader pengelola air limbah dan membuat Saluran Pembuangan Air Limbah dari barang bekas sehingga air limbah masyarakat dapat dikelola dengan baik.

Untuk itu bagi masyarakat yang belum mengelola air limbah dengan baik, maka dianjurkan untuk membuat saluran pembuangan air limbah yang sesuai standart agar lingkungan bersih dan sehat.




About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |