LOGO HIMA
TERBARU

7 Feb 2018

KELOMPOK 13 PBL II DESA JILATAN, KECAMATAN BATU AMPAR, TANAH LAUT

AYO KELOLA AIR LIMBAH !!!




Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran ULM Kelompok 13 bimbingan Ibu Lenie Marlinae SKM, MKL. Melakukan kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) yang bertema “Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) Komunal” di Desa Jilatan Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Tanah Laut. Mahasiswa tersebut terdiri dari 6 orang yaitu M. Ichsan Basir, Wibowo Simon Seno S, Nurul Herliani, Farida Asyha Tamimi, Fatimah Indriana dan Dina Nopitasari.
Tidak hanya di Desa Jilatan, mahasiswa Kesehatan Masyarakat ULM ini melakukan Pengalaman Belajar Lapangan secara menyeluruh dengan 13 kelompok PBL yang tersebar di 13 Desa Kecamatan Batu Ampar, PBL dilakukan selama 3 kali. Sebelumnya telah dilakukan kegiatan PBL 1 pada bulan juli 2017 selama 1 bulan dengan melakukan diagnosa komunitas untuk menentukan permasalahan kesehatan di Desa Jilatan. Dari 1 bulan pelaksanaan diagnosa komunitas didapatkan permasalahan banyaknya masyarakat yang belum memiliki Saluran Pembuangan Air Limbah di rumah masing-masing.
Sebagai tindak lanjut dari kegiatan PBL 1, maka dilakukan kegiatan intervensi dari pemecahan permasalahan kesehatan tersebut. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 18 Januari-4 Februari 2018. PBL 2 dilakukan guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam bidang pemberdayaan masyarakat.







“Bagus kerjasamanya, membuat satu saluran pembuangan untuk beberapa rumah (komunal), biaya menjadi lebih hemat”, tutur Subrakun, salah satu masyarakat desa jilatan. Selama ini salah satu yang memberatkan masyarakat untuk membuat saluran pembuangan air limbah adalah biaya yang tidak sedikit untuk pengolahannya. Sehingga, solusi yang ditawarkan mahasiswa kepada masyarakat adalah dengan pembuatan SPAL secara Komunal agar masyarakat dapat bekerjasama. Selain itu, saat proses pembuatan masyarakat tidak merasa terbebani dalam hal biaya dan tenaga.








Selama kegiatan berlangsung mahasiswa bekerjasama dengan Puskesmas Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar yang di bimbing oleh ibu Yuli sebagai pembimbing dari puskesmas. “Harapannya dengan adanya percontohan pembuatan SPAL Komunal ini masyarakat bisa terbuka hatinya untuk mengikuti agar yang tadi airnya tersebar kemana-mana bisa terkendali dan bisa menjadi contoh perumahan yang sehat” kata pak Qosim, aparat desa jilatan sekaligus pembimbing lapangan kelompok 13.









“Semoga dengan adanya penyuluhan dan pelatihan pembuatan SPAL ini, masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan dan setelah dilakukan pelatihan pembuatan saluran pembuangan air limbah secara komunal ini masyarakat nantinya tidak ada alas an lagi untuk menolak membuatnya” kata Wibowo Simon Seno S ketua Kelompok 13 PBL.

Cp : 081250118000 (bowo)

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |