LOGO HIMA
TERBARU

5 Feb 2018

KELOMPOK 3 PBL II DESA BATU AMPAR, KECAMATAN BATU AMPAR, TANAH LAUT



                                                                                                                           
Masyarakat diberdayakan dengan inovasi saluran pembuangan air limbah (SPAL). Teknologi sederhana diterapkan, di Desa Batuampar Tanahlaut. Oleh mahasiswa kesehatan masyarakat Kelompok PBL 3, Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat.
Prosesnya, tanah dilubangi sedalam 110 cm dengan sisi juga 110cm, dasar lubang diberi batu koral, lalu ditaruh drum bekas yang sudah dilubangi di atas batu tadi.
Sela-sela drum diselingi sabut kelapa dan baru koral. Lalu dibuat saluran limbah dari pasangan batu bata dan diberi kawat agar mencegah kotoran tidak langsung masuk ke drum.
Untuk penutupnya menggunakan papan disemen secara permanen. Kini rumah Sudar di RT 9 Desa batu ampar sudah dengan teknologi SPAL.

Kegiatan Pembekalan Kader SPAL digelar dan disambut antusias masyarakat di Kantor Desa Batu Ampar. Dihadiri perwakilan RT/Ketua RT dan Kader SPAL serta Aparat Desa Batu Ampar.
Dihadiri Yuliana, S.ST dari unit Kesling Puskesmas Tajau Pecah sebagai Pemateri dan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat sebagai fasilitator.
Saking antusiasnya, Mulyono dari kecamatan batu ampar pun hadir. Jumari kader SPAL juga hadir berikan materi. Maksud dan tujuan pembuatan spal ini untuk menyaring kotoran sisa pembuangan limbah dan tidak langsung membuang air limbah dapur atau kamar mandi ke tanah yg membuat tanah menjadi bau dan menjadi vektor penyakit.
Sehingga lingkungan dapat menjadi bersih, memiliki estetika, dan terhindar dari bahaya penyakit malaria, filariasis, diare.



About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |