LOGO HIMA
TERBARU

5 Feb 2018

KELOMPOK 11 PBL II DESA DAMIT HULU, KECAMATAN BATU AMPAR, TANAH LAUT

Gerakan Mayarakat Peduli Sampah
“Saya Peduli Sampah!!!”
Sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia atau dari proses alam yang berbentuk padat. Laju produksi sampah terus meningkat, tidak saja sejajar dengan laju pertumbuhan penduduk tetapi juga sejalan dengan meningkatnya pola konsumsi masyarakat. Di sisi lain kapasitas penanganan sampah yang dilakukan masyarakat maupun pemerintah daerah belum optimal. Sampah yang tidak dikelola dengan baik akan berpengaruh terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat sekitarnya. Salah satu permasalahan yang kerap menjadi permasalahan diberbagai Kabupaten/Kota dan dekat dengan masyarakat adalah masalah pengelolaan sampah. Pengelolaan sampah menjadi hal yang penting karena jika tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan permasalahan yang lebih kompleks seperti pencemaran lingkungan dan gangguan kesehatan.
Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat yang sedang melakukan kegiatan Pengalaman Belajar Lapangan di Desa Damit Hulu, Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Mahasiswa Kesehatan Masyarakat tersebut terdiri dari M. Kharis Gifari, M. Zainal Abidin, Annida Hasanah, Mia Arpilawati, Rengi Sarhana Dewi dan Rohana, mempunyai berbagai program dalam menangani permasalahan sampah yang ada di Desa Damit Hulu. Dalam menangani hal tersebut mahasiswa Kesehatan Masyarakat melakukan pemberdayaan masyarakat dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, merubah sikap dan perilaku masyarakat dalam menangani permasalahan sampah.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa Kesehatan Masyarakat sedang melakukan Penyuluhan tentang permasalahan dan solusi sampah kepada masyarakat Desa Damit Hulu yang diadakan di Balai Desa Damit Hulu (27/01/2018). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang jenis dari sampah, dampak dari sampah, dan lain-lain. Dalam hal ini masyarakat Desa Damit Hulu diwakilkan oleh Ibu Rumah Tangga, dikarenakan Ibu Rumah Tangga mempunyai peran penting dalam menangani sampah rumah tangga.
Dalam meningkatkan pengetahuan, mahasiswa Kesehatan Masyarakat tidak hanya berpaku pada kalangan dewasa, tetapi juga melakukan Penyuluhan pada anak-anak sekolah dasar, dalam hal ini SDN Damit 4 menjadi sasaran dalam kegiatan ini, partisipasi siswa/i SDN Damit 4 sangat antusias dan aktif dalam kegiatan Penyuluhan tentang permasalahan dan solusi sampah (31/01/2018).

Sampah sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu sampah organik dan anorganik. Sampah organik ialah sampah yang mudah busuk seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan lain-lain, sedangkan sampah anorganik ialah sampah yang tidak mudah membusuk seperti kaleng, plastik, botol dan lain-lain. Sampah pada dasarnya bisa diubah menjadi benda yang berdaya guna sehingga dalam hal ini mahasiswa Kesehatan Masyarakat mengajak masyarakat di Desa Damit Hulu untuk berpartisipasi dalam pembuatan kompos dari sampah organik (27/01/2018).

Adapun untuk sampah anorganik mahasiswa Kesehatan Masyarakat membuat suatu program dengan sasaran anak sekolah dasar yaitu dengan mendaur ulang gelas plastik menjadi kerajinan tangan yang bermanfaat. Dengan adanya program tersebut, selain dapat mengurangi angka sampah, anak-anak sekolah dasar yang menjadi sasaran mampu meningkatkan kreatifitas dan keterampilan dalam kerajinan tangan (31/01/2018).

Perlu diketahui bahwa di Desa Damit Hulu masih belum mempunyai Tempat Penampungan Sementara (TPS), maka dari itu mahasiswa Kesehatan Masyarakat mempunyai program dalam menangani hal tersebut dengan diadakannya pengadaan Tempat Penampungan Sementara (TPS) di Desa Damit Hulu. Hal ini dilakukan agar angka sampah di Desa Damit Hulu berkurang dan mengubah perilaku masyarakat Desa Damit Hulu yang terbiasa membakar sampah dan membuang sampah sembarangan.

Program mahasiswa Kesehatan Masyarakat dalam pengadaan TPS ditujukan sebagai TPS percontohan untuk 1 Dusun, dan diharapkan nantinya dapat diduplikasikan di setiap Dusun Desa Damit Hulu.

Diharapkan dengan adanya berbagai program tersebut, angka sampah yang ada di Desa Damit Hulu dapat berkurang dan dapat merubah perilaku masyarakat dalam menangani permasalahan sampah di Desa Damit Hulu.   

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |