LOGO HIMA
TERBARU

9 Jun 2014

DEKAN CUP IX HIMA KESMA

Banjarbaru – Olahraga adalah kegiatan untuk melemaskan otot-otot yang sangat penting dilakukan bagi setiap orang demi menjaga kesehatan tubuh. Sebab dengan rajin berolahraga maka tubuh akan menjadi sehat dan bugar. Salah satu bentuk olahraga yang populer saat ini adalah basket. Basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil selain itu permainan bola basket juga lebih kompetitif karena tempo permainan cenderung lebih cepat jika dibandingkan dengan olahraga bola yang lain, seperti voli dan sepak bola. Melihat dampak positif yang dihasilkannya maka HIMA KESMAS yang bertindak sebagai fasilitator merasa perlu diadakannya kompetisi basket guna menggali potensi-potensi yang ada di Kalimantan Selatan dan menjalin keakraban antar pemain.

HIMA KESMAS setiap tahunnya mengadakan kompetisi basket Dekan Cup,  Dekan Cup tahun 2014 ini merupakan even kesembilan yang diadakan oleh HIMA KESMAS dengan sasaran Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/ Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kalimantan Selatan. Kompetisi tahun ini diadakan dengan peserta yang berbeda dengan tahun kemarin. Apabila tahun kemarin hanya diadakan hanya untuk kategori SMA putra dan PTN/PTS putra, tahun ini ditambahkan untuk kategori SMA/PTN/PTS putri.

Technical Meeting dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2014 bertempat di RKB 2 Fakultas Kedokteran UNLAM Banjarbaru dan pembukaan Dekan Cup dilaksanakan pada 19 Mei 2014. Acara dilaksanakan di lapangan basket Fakultas Kedokteran UNLAM Banjarbaru dan dibuka oleh Ketua HIMA KESMAS, Junaidi. Jumlah total keseluruhan peserta ada 34 tim, 8 tim dari SMA/PTN/PTS  putri, 11 tim SMA putra, dan 15 tim PTN/PTS putra.

Kompetisi berlangsung selama 20 hari. Pelaksanaan kompetisi Dekan Cup ini bertempat di tiga tempat yang berbeda, yaitu lapangan basket Fakultas Kedokteran UNLAM Banjarbaru, lapangan basket Rebatig Banjarbaru dan GOR Rudi Resnawan. Jalannya pertandingan berlangsung dengan  kompetitif namun tidak sampai memicu keributan  antar pemain, baik dari kategori SMA/PTN/PTS putri, SMA putra dan PTN/PTS putra.

Final kompetisi berlangsung 2 hari, untuk kategori SMA/PTN/PTS putri berlangsung pada tanggal 1 Juni 2014 dengan mempertemukan STIENAS melawan SMAN 1 Banjarbaru dengan hasil akhir 43-57 untuk kemenangan SMAN 1 Banjarbaru. Final pada hari kedua untuk kategori SMA putra dan PTN/PTS putra dilaksanakan di GOR Rudi Resnawan pada tanggal 7 Juni dengan mempertemukan SMA Kanaan melawan SMAN 1 Banjarbaru (A) untuk kategori SMA putra dan POLIBAN (A) melawan JPOK (O) untuk kategori PTN/PTS putra. Untuk kategori SMA putra pemenangnya adalah SMAN 1 Banjarbaru (A) dengan skor akhir 61-66 untuk kemenangan SMAN 1 Banjarbaru. Untuk kategori PTN/PTS putra pemenangnya adalah POLIBAN (A) dengan skor akhir 84-78 untuk kemenangan POLIBAN (A).

Tim yang Masuk ke Final DEKAN CUP
Suasana Pertandingan Final DEKAN CUP

Final kategori SMA putra dan PTN/PTS putra dilaksanakan di GOR Rudi Resnawan pada tanggal 7 Juni sekaligus menjadi even penutupan Dekan Cup 2014. Penutupan Dekan Cup diisi dengan penyerahan hadiah oleh para undangan yang telah berhadir. Penyerahan hadiah kepada juara 1 dan 2 untuk kategori SMA/PTN/PTS putri diserahkan oleh Maman Saputra selaku Ketua BEM FK UNLAM. Penyerahan hadiah kepada juara 1 dan 2 untuk kategori SMA putra diserahkan oleh Fauzie Rahman, SKM, MPH selaku Sekretaris Prodi HIMA KESMAS, mewakili Ketua Prodi yang berhalangan hadir. Penyerahan hadiah kepada juara 1 dan 2 untuk kategori PTN/PTS putra diserahkan oleh dr. H. Iwan Aflanie, SH, M.Kes Sp.F selaku Pembantu Dekan III.

Penyerahan hadiah untuk Kategori SMA/PTN/PTS putri

Penyerahan hadiah untuk Kategori SMA/PTN/PTS putra

Penyerahan hadiah untuk Kategori PTN/PTS putra


Author: Sari Amalia

Editor: Mira Surya Ramadhani

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.
 
Copyright © 2016 HIMA KESMAS ULM
Design by ICT HIMA PSKM |